Categories
Uncategorized

[DAY_SEVENTYFOUR] WEBINAR Penggunaan Data Media Sosial u. Kepentingan Politik (STMIK Bandung)

Sesi Webinar ini bertujuan untuk berbagi analisis tentang Penggunaan Data Media Sosial untuk Kepentingan Politik. Sayangnya, terminologi kepentingan politik di sini terlalu sempit didefinisikan pada politik praktis elektoral yaitu soal Pilkada dan Pemilu, entah yang sudah berlalu (2012, 2014, 2019) maupun yg akan datang (2020, 2024), bukan Teori2 Politik atau Politik Normatif, juga bukan Etika Politik ataupun Politik Internasional/Global. Itulah sebabnya saya bertanya ttg concern Etika (berMedSos) dalam sesi Webinar ini karena meskipun aspek Etika ini banyak diandaikan dan diharapkan (untuk dilakukan para penggiat MedSos, entah Buzzer atau Users, atau politisi), tapi aspek ini hampir tidak diulas secara mendetil oleh para pembicara.

Semoga kontribusi saya dapat berterima untuk memperkaya khazanah peserta Webinar tadi (iya kaleeee klo diperhatiin … hehe)

Berikut sejumlah screenshot materinya juga sesi tanya jawab (chats) yang berhasil saya catat.

Tabik!

By Hendar Putranto

I am a doctorate student in Communication Science, FISIP Universitas Indonesia, starting in 2019. Hope this blog fulfills my studious passion to communicate?

Leave a Reply

Your email address will not be published.